SPECIAL ADS

26 April 2014

Kecanggihan Pesawat Presiden AS - Air Force One

Pesawat putih bergaris biru jenis Boeing VC-25 yang merupakan modifikasi dari Boeing 747-200B itu acap kali disebut sebagai Air Force One, meski Air Force One sendiri sebenarnya callsign untuk pesawat yang ditumpangi Presiden AS, apa pun pesawatnya.


Dibangun dengan kos US$ 223 juta, pesawat yang juga disebut sebagai Pesawat Doomsday Amerika Syarikat atau pesawat kiamat hanya perlu diisi bahan bakar sekali sahaja dan terbanglah jumbo jet itu selama berhari-hari di udara.


Presiden Obama dan Ibu Negara turun dari pesawat kepresidenan AS, Air Force One, di Austin, Texas, 10 April 2014.
Diiringi atau didahului oleh C-17 Globemaster III atau C-5 Galaxy yang membawa semua kelengkapan sang presiden, seperti helikopter Marine One, limusin kepresidenan, dan para agen US Secret Service.


Ketika Air Force One akan mendarat ruang udara di sekitar bandara harus dikosongkan. Penerbangan lain ditunda atau dibatalkan, dan area di sekitar tempat parkir AF I juga harus disterilkan dan bahkan dijaga oleh agen-agen US Secret Service. Terkesan boros, berlebihan, dan tidak menghargai yurisdiksi dan kedaulatan negara yang disinggahi


Presiden AS di dalam negeri saja menerima sampai 300 ancaman setiap harinya, sudah jelas jumlah ancamannya akan lebih besar bila ia mengadakan perjalanan ke luar negeri.


Air Force One, pada dasarnya adalah pesawat tiga tingkat B747-200B yang telah dimodifikasi dengan ruangan seluas total 4.000 kaki persegi. Ruang kerja presiden dan stafnya mendominasi dek tingkat dua. Dek tingkat pertama atau bagian bawah pesawat menjadi ruang kargo dan bagasi. Sementara dek tingkat ketiga atau paling atas, hanya dikhususkan untuk kokpit, lounge, dan ruang komunikasi. (Selengkapnya, lihat denah pesawat)


Air Force One dilengkapi 19 tv yang mampu menyiarkan hampir semua channel televisyen dunia. Oleh kerana begitu sempurnanya peralatan elektronik yang terpasang, sebahagian dari berat pesawat adalah berupa kabel. Ruang dalaman pesawat ini terlilit kabel sepanjang 238 mil, duakali lebih panjang dari kabel yang melilit B747-200 - anjungan standard Air Force One. Kabel ini telah diberi pelapis khusus sehingga aman dari serangan gelombang elektromagnet (EMP/Electro Magnet Pulse) dan gelombang kejutan yang dipancarkan ledakan nuklear.




Tugas-tugas seharian yang biasa dilakukan di Ruang Oval, Rumah Putih, dikerjakan di Ruang Utama Presidential Suite. Ruangan ini terletak di bahagian depan pesawat. Di belakang ruangan ini, ada ruangan yang lebih besar di mana Presiden AS dan para stafnya boleh bermesyuarat. Yang mengagumkan, di pesawat ini, Rumah Putih juga memperkenankan setiap staff senior presiden memiliki ruang pejabat mereka sendiri.

Tiada ulasan: